Tutorial Sharing File Lewat Jaringan Wireless (WiFi) di Windows 7 ~ TURBO90 Blog

Tuesday, November 6, 2012

Tutorial Sharing File Lewat Jaringan Wireless (WiFi) di Windows 7



Mungkin banyak dari temen-temen yang telah mengetahui cara transfer file lewat wireless (WiFi), cara transper ini biasa digunakan jika media transper data misalnya USB flashdisk atau hardisk eksternal tidak kita miliki, hilang atau bahkan ketinggalan dirumah tapi ingin transper data penting dari temen saat itu juga. Dengan kata lain cara ini merupakan salah satu cara transper selain via USB flashdisk, hardisk eksternal dan LAN (dengan kabel). Transper ini efektif untuk file yang berukuran tidak terlalu besar karena kecepatanya jika dibanding plaskdisk jelas kalah, tapi bukan berarti tidak bisa untuk file besar.
     Untuk agan-agan yang telah mengetahui cara ini diabaikan saja dan minta corat-coretnya dibawah sebagai bahan perbaikan bagi saya dan temen-temen yang lainnya. O...iya, satu lagi. cara ini bisa juga digunakan sebagai penghubung jika ingin bermain game multiplayer tanpa koneksi internet misalnya stronghol crusaeder, RON dan sebagainya.
      Ok! Langsung saja….Hal yang pertama yang harus dilakukan yaitu mengaktifkan wireless pada masing-masing PC yang biasanya tombol tersebut berada disisi kanan atau kiri atas keyboard.








Langkah Pertama (hanya pada PC 1)
1. Klik Srart >> Control panel >> Network and Internet >>  Network and sharing Center. Sehingga tampilannya akan tampak seperti gambar dibawah ini. Klik Set up a new connection or network
2. Pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, klik Next untuk melanjutkan.
 3. Klik next untuk melanjutkan
4. Isi network name dengan My wireless atau nama lain sesuai dengan keinginan, Isi Security type dengan WPA2-Personal, Security key dengan 12345678 atau angka sembarang yang mudah diingat. Contreng Hide characters jika ingin menyembunyikan password dan abaikan jika ingin menampilkannya.
Jika menginginkan setting-annya tersimpan contreng save this network sehingga tidak membuat ulang dari awal jika ingin transper file dilain waktu. Jika sudah selesai klik next untuk melanjutkan.

 5. Jika semua tahapan telah selesai dan dilakukan dengan benar maka akan munul tampilan seperti gambar dibawah ini. Disana tercantum nama dan password yang telah berhasil dibuat. Klik close untuk menutupnya.
6. Klik tanda yang dilingkari warna kuning (terdapat di taskbar sebelah kanan) sehingga muncul  nama wireless network yang telah dibuat, lalu klik connect.
Pada PC 2:
Pada PC 2 Klik tanda yang dilingkari warna kuning terletak di taskbar sebelah kanan (lihat gambar diatas) sehingga muncul  nama wireless network yang telah dishare dari PC 1, lalu klik connect dan masukan password seperti yang telah dibuat di PC 1.
 Langkah pertama selesai….
Sekarang tinggal langkah kedua. 
(Pengaturan pada PC 1 dan 2).

1. Kembali kik tanda wireless yang terletak dipojok kanan bawah dan pilih open network and sharing center >> wireless network connection >> properties >> Internet protocol version 4 (TCP/IPv4) >> properties lagi. 
Pada PC 1: Pilih Use the following IP address. Pada IP address isi dengan 192.168.0.1, tempatkan kursor pada kolom subnet mask sehingga akan terisi angka otomatis seperti pada gambar. Isi Preferred DNS server dengan IP address PC 2 yaitu 192.168.0.2 (jika tidak diisi juga tidak apa-apa). Klik Ok untuk menyelesaikannya (lihat pada gambar disamping)

Pada PC 2: Masukan IP address dengan 192.168.0.2, dan tempatkan kursor pada kolom subnet mask sehingga akan terisi angka otomatis seperti pada PC 1. Klik Ok.(Prefered DNS server jangan diisi).
Ok, langkah pengaturan IP address selesai,


Langkah ketiga

1. Pada PC 1: Coba buka windows explorer sobat kemudian pilih salah satu polder yang ingin di share, klik kanan pilih share with >> specific people.

Ikuti tahap demi tahapnya seperti gambar disamping.

2. Pada PC 2: Buka windows explorer klik network maka disana akan terdapat folder yang dishare dari PC 1.
Nah kalo udah gini agan bisa meng-copy file dari PC 1 atau mem-paste file ke polder tersebut untuk diberikan pada PC 2.

Menurut pengalaman ane kadang file yang dishare tidak muncul, coba teliti langkah2nya dan jangan lupa matikan windows firewall (cari di control panel) dan non aktifkan antivirusnya karena jika tidak, bisa membuat proses sharing file gagal....jika masih belum muncul juga coba restar PC-nya.
Selesai...... semoga membantu,
O..ya gan minta komennya, sebuah komen berarti bagi ane...hehe

2 comments:

Unknown said...

gan, harus ya nyocokin ip address pc 1 sama pc 2 kaya yg di atas?

TURBO90 Blog said...

ya agar berhasil sharingnya

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews