Cara Mengirim file melalui Wireless ~ TURBO90 Blog

Thursday, September 20, 2012

Cara Mengirim file melalui Wireless


 
Yang pertama harus kita lakukan adalah membauat Jaringan WiFi Ad Hoc.

Lalu Apa itu Jaringan Wifi Adhoc?

Jaringan WiFi Ad hoc  adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode  Infrastructure.


Bagaimana membuat jaringan WiFi Ad Hoc di Windows 7
Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membuat sebuah jaringan WiFi Ad Hoc pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut:
 Setting laptop ke-1
1. Jangan lupa aktifkan terlebih dahulu WLAN pada laptop.
2. Klik tombol Windows Start-Control Panel-View network and status task-Setup a new connection or network, setelah muncul kotak dialog Set Up a Connection and Network, scroll ke bawah, pilih adhoc kemudian next.
3. Jendela Setup Ad Hoc Network akan terbuka, klik Next untuk melanjutkan
 
 
4. Pada kolom Network name isi dengan nama yang akan kita gunakan sebagai SSID, contohnya: TURBO, Pilih mode security Open, centang pilihan Save this network, kemudian klik Next
5. Setelah muncul jendela The TURBO network is ready to use, klik Close
6. Cek koneksi WiFi dengan mengklik icon wireless pada taskbar sebelah kanan, 
Klik TURBO-connect. Setelah terhubung (connected) maka akan ada keterangan Waiting for users.
Laptop ke-2 tinggal searching wireless network, kemudian connect ke TURBO.
Mengaktifkan network Sharing
Belum selesai sampai disini. Selanjutnya kamu harus mengaktifkan network sharing dulu, caranya buka windows explorer (WinKey+E), kemudian pilih Network. Nah, di bagian atas ada pop-up, klik pop-up tersebut, pilih turn on, muncul kotak konfirmasi, klik yes.
Sharing Folder atau File
Nah, sekarang kamu tinggal sharing Folder atau File yang ingin dikirimkan/transfer. Caranya, Klik kanan pada Folder atau File yang akan di-share, properties. Setelah muncul kotak dialog Properties, klik pada tab Sharing. Klik pada tombol share
Muncul kotak dialog File Sharing. Klik Menu drop-down seperti pada gambar berikut, pilih everyone, lalu klik add.
Klik done. Selesai, tinggal copy-paste sesuka hatimu. :D
Untuk mengakses folder atau file yang sudah di-share tadi, masuk ke windows explorer, klik Network, nah disitu ada daftar Laptop yang sedang terhubung.
NB: Kalau minta username dan password saat masuk di windows explorer-Network, buat password dulu setiap laptop. Kemudian masukkan password yang sudah dibuat tadi beserta usernamenya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews